Selasa, 01 November 2016

mengatasi anak yang tidak PD

                                 Meningkatkan Kepercayaan diri Anak pada anak yang tidak PD
                                                                 

Bimbingan Konseling
1.      Bagaimana cara mengatasi anak yang tidak PD di dalam Kelas ?
Cara mengatasi anak yang tidak PD di dalam kelas ialah :
Pada setiap anak pernah mengalami rasa tidak PD karena di sebabkan oleh rasa malu ketika beraktifitas di sekolah. Anak secara normal bisa saja mengalami rasa tidak PD ketika mereka menghadapi situasi yang baru.
Rasa tidak PD pada setiap anak bisa di sebabkan oleh lingkungannya, dan kita harus menelusuri dahulu apa yang menjadi penyebabnya dari anak yang tidak PD. Dengan kita mengetahui penyebabnya maka kita dapat membantu meningkatkan PD anak.
Untuk cara kita mengatasi anak yang tidak PD agar anak menjadi PD yaitu:
1.      Memberikan Kasih Sayang.
Kita sebagai seorang guru kita harus memberikan kasih sayang dengan cara menerima siswa tersebut apa adanya dan menghargai kekurangannya, dengan caratersebut maka siswa akan merasa bahwa gurunya itu sayang kepadanya sehingga siswa akan meningkatkan percaya dirinya.
2.      Mencarikan teman yang aktif.
Guru mengatur posisi duduk siswa yang pendiam harus duduk diantara anak yang banyak bicara. Ataupun saat main berdampingan atau berkelompok. Anak yang tidak PD di gabungkan dengan anak yang aktif agar bisa memotifasi anak yang PD.
3.      Anak di suruh tampil Kedepan Kelas.
Pada saat guru membuat sebuah contoh soal dan guru tersebut akan menyuruh anak yang tidak PD itu kedepan kelas. Apabila anak mengerjakan soal dsri gurunys tersebut dan aapbila jawabannya salah maka guru tersebut tidak akn menyebutnya salah. Dan jangan pernah menyalahkan apa yang dia kerjakan dan seorang guru harus menyebutkan kata “BAGUS” pada anak agar dia merasa PD.
4.      Melatih Bertanya Anak.
Di beri pada anak tersebut sebuah pancingan agar anak mau bertanya. Dan dengan ia mau bertanya maka akan meningkatkan percaya dirinya.


5.      Memberi Pujian
Dengan adanya memberi pujian pada anaka maka anak akan merasa dirinya mampu untuk mengerjakan soal dari gurunya dan walaupun usahanya belum maksimal.
6.      Memberi motivasi.
“ wah ternyata kamu bisa ya? Boleh di coba lagi ya?”
Kalimat ini adalah salah satu cara untuk memotivasi anak yang tidak percaya diri (PD) agar mau mengerjakan tugas yang di berikan oleh guru nya.  B aik yang mudah sekalipun.
7.      Sering mengajak anak mengobrol santai
Di sela-sela waktu kita harus selalu aktif  mengajak anak berbicara tentang keluarga, makanan kesukaan dan sebagainya.
Mungkin cara ini tidak berhasil. Tapi kita harus melakukannya lagi dan lagi. Jika kita mulai melihat anak tersenyum maka itulah awal keberhasilan kita, artinya anak itu mulai nyaman. Dan berhentilah berbicara sebelum anak itu merasa bosan.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar