Minggu, 27 November 2016

5 Cara mengatasi suntuk

                                                          cara untuk mengatasi suntuk
1. Baca buku. Membaca adalah cara menyenangkan untuk melupakan bahwa Anda bosan. Kata-kata    penulis dapat membawa Anda pada liburan mental. Buku anak-anak dan remaja sangat bagus untuk tujuan ini. Kisah di dalamnya dapat membangkitkan lagi anak kecil dalam diri Anda serta menimbulkan rasa penasaran dan nostalgia.
  • Pilihlah genre yang Anda sukai. Jika Anda tidak pernah bisa menikmati fiksi ilmiah, novel fiksi ilmiah tentu saja tidak akan meredakan kebosanan Anda. Sebaliknya, pilihlah fiksi sejarah.
  • Jika tidak ada buku di rumah Anda, pergilah ke perpustakaan atau toko buku. Keluar rumah dapat membantu mengurangi kebosanan.

2. Cobalah menggambar, melukis, atau membuat sketsa. Kegiatan ini sangat bagus untuk melatih kreativitas. Anda juga akan menghasilkan sesuatu yang indah untuk dipajang setelahnya. Anda juga dapat mengembangkan keterampilan baru, dan itu bagus sekali dilakukan bila Anda bosan.
  • Menggambar juga dapat meningkatkan kecerdasan. Penelitian menunjukkan bahwa menggambar dapat membantu Anda berfokus dan mendengarkan karena otak dilibatkan.[1]
  • Jika Anda senang melukis atau menggambar, tetapi tidak tahu akan menggambar apa, cobalah keluar rumah dan lukis/gambar objek diam yang Anda lihat. Anda juga dapat menggambar atau melukis sesuatu yang menarik di sekitar rumah.
  • Anda juga dapat menggambar atau melukis karakter dari buku atau film favorit jika ingin menggunakan imajinasi. 
3. Cobalah mewarnai. Walaupun Anda sudah dewasa, mewarnai tetap merupakan caya menyenangkan untuk mengurangi kebosanan. Cobalah mencari krayon dan spidol, kemudian cari buku mewarnai di sekitar Anda. Kegiatan mewarnai selama beberapa jam dapat membantu mengurangi kebosanan. Anda dapat memutar musik di latar belakang atau menyalakan TV.[2]
  • Jika tidak ada buku mewarnai, cobalah mewarnai foto hitam putih di koran atau majalah. Anda juga dapat menggambar foto diri, kemudian mewarnainya.
  • Jika Anda sudah dewasa dan kurang bisa mewarnai, sekarang sudah tersedia buku mewarnai khusus dewasa. Cobalah membeli buku tersebut di toko buku dan mulailah mewarnai.

4. Buatlah daftar. Daftar adalah salah satu cara menyenangkan untuk membunuh waktu. Anda dapat membuat daftar tempat yang ingin Anda kunjungi, buku yang ingin dibaca, atau tujuan yang ingin dicapai. Anda juga dapat membuat daftar konyol tanpa tujuan serius.
  • Buatlah daftar yang menantang Anda untuk memikirkan berbagai ide. Misalnya, cobalah menuliskan 50 lagu natal atau 50 nama perempuan yang dimulai dengan huruf “A”.
  • Anda juga dapat membuat daftar hal-hal favorit. Misalnya, buatlah daftar film favorit dalam genre tertentu, buku favorit, atau tujuan wisata favorit.
5. Tulislah karya kreatif. Anda tidak harus menjadi penulis sungguhan untuk menulis. Tulisan kreatif akan sangat menantang dan dapat mengurangi kebosanan. Menulis dapat membantu mengalihkan perhatian. Anda akan berfokus pada apa yang sedang ditulis, bukan memikirkan bahwa Anda sedang bosan.
  • Jika sulit memulai, tulis apa saja yang Anda mau. Tuliskan apa pun yang ada di pikiran Anda tanpa saringan. Jika Anda menemukan sesuatu yang menarik, cobalah mengembangkan ide tersebut lebih lanjut. Anda bahkan dapat memulai dengan kata-kata, “Aku bosan!” dan menggambarkan kebosanan itu.
  • Jika Anda menyukai penulisan kreatif, cobalah menulis novel, puisi, atau cerita pendek yang rasanya tidak pernah sempat Anda lakukan.
  • Buatlah blog. Jika rasanya konyol menulis tanpa tujuan tertentu, mulailah membuat blog tentang subjek yang menarik bagi Anda. Misalnya, Anda dapat membuat blog tentang musik jika suka menonton konser


Tidak ada komentar:

Posting Komentar