Minggu, 04 Desember 2016

Menyebut/membaca penjumlahan dua bilangan

1. Pahami tentang garis bilangan. Garis bilangan mengubah matematika dasar menjadi sesuatu yang nyata dan fisik yang dapat kamu lihat. Hanya dengan menggunakan beberapa tanda dan akal, kita bisa menggunakannya seperti kalkulator untuk menjumlahkan dan mengurangkan bilangan.
  1. Gambar berjudul Add and Subtract Integers Step 2
    2
    Gambarkan garis bilangan dasar. Bayangkan atau gambarkan garis lurus yang rata. Buatlah tanda titik di tengah garismu. Tuliskan 0 atau nol di sebelah tanda titik ini.
    • Buku matematikamu mungkin menyebut titik ini sebagai titik awal karena titik ini merupakan titik permulaan dari semua bilangan.
  2. Gambar berjudul Add and Subtract Integers Step 3
    3
    Gambarkan dua tanda titik, masing-masing di kanan dan kiri nolmu. Tuliskan -1 di sebelah tanda titik di kiri dan 1 di sebelah tanda titik di kanan. Ini adalah bilangan bulat yang terdekat dengan nol.
    • Jangan khawatir untuk membuat jarak antar titik sama persis – selama kamu mengetahui arti setiap titik, garis bilangan bisa digunakan.
    • Sisi kiri adalah sisi awal kalimat.
  3. Gambar berjudul Add and Subtract Integers Step 4
    4
    Lengkapi garis bilanganmu dengan menambahkan lebih banyak bilangan. Buatlah lebih banyak tanda titik ke kiri dari -1 dan ke kanan dari 1. Ke kiri, dari -1, tandai titikmu dengan -2, -3, dan -4. Ke kanan, dari 1, tandai titikmu dengan 2, 3, dan 4. Kamu bisa terus melanjutkan jika kamu memiliki tempat di kertasmu.
    • Contoh di gambar menunjukkan garis bilangan dari -6 hingga 6.
  4. Gambar berjudul Add and Subtract Integers Step 5

    Pahami tentang bilangan bulat positif dan negatif. Bilangan bulat positif, juga disebut bilangan natural, adalah bilangan bulat lebih besar dari nol. 1, 2, 3, 25, 99, dan 2007 adalah bilangan bulat positif. Bilangan bulat negatif adalah bilangan bulat yang kurang dari nol (seperti -2, -4, dan -88).
    • Bilangan bulat adalah cara lain untuk menyebut bilangan cacah. Pecahan seperti 1/2 (setengah) hanyalah sebagian dari bilangan, sehingga bukan bilangan bulat. Sama seperti desimal, misalnya 0,25 (nol koma dua lima); desimal bukanlah bilangan bulat.
  5. Gambar berjudul Add and Subtract Integers Step 6
    6
    Mulailah menyelesaikan 1+2 dengan meletakkan jarimu di titik 1. Kita akan menyelesaikan soal penjumlahan sederhana 1+2 menggunakan garis bilangan yang baru saja kamu buat. Bilangan pertama adalah 1, jadi mulailah letakkan jarimu di bilangan tersebut.
    • Apakah soal ini terlalu mudah? Jika kamu pernah menjumlahkan, kamu mungkin mengetahui jawaban 1+2. Bagus: jika kamu mengetahui hasilnya, akan lebih mudah untuk memahami cara kerja garis bilangan. Kemudian, kamu bisa menggunakan garis bilangan untuk menyelesaikan soal penjumlahan yang lebih sulit atau mempersiapkan matematika yang lebih sulit seperti aljabar.
  6. Gambar berjudul Add and Subtract Integers Step 7
    7
    Jumlahkan 1+2 dengan memindahkan jarimu 2 titik ke kanan. Geserlah jarimu ke kanan, menghitung jumlah titik (bilangan lain) yang kamu lewati. Jika kamu sudah melewati 2 titik yang baru, berhenti. Bilangan yang ditunjukkan oleh jarimu adalah jawabannya, 3.
  7. Gambar berjudul Add and Subtract Integers Step 8
    8
    Tambahkan bilangan bulat positif apa pun dengan berpindah ke kanan pada garis bilangan. Misalkan kita ingin menyelesaikan 3+2. Mulailah dari 3, berpindahlah ke kanan atau tambahkan 2 titik. Kita berhenti di 5. Soal ini ditulis 3 + 2 = 5.
  8. Gambar berjudul Add and Subtract Integers Step 9
    9
    Kurangi bilangan bulat positif dengan berpindah ke kiri pada garis bilangan. Misalkan, kita ingin menyelesaikan 6 -4, kita mulai dari 6, berpindah ke kiri 4 titik, dan berhenti di 2. Soal ini ditulis 6 - 4 = 2.

Metode 2
Menjumlahkan dan Mengurangkan Bilangan Negatif Menggunakan Garis Bilangan

  1. Gambar berjudul Add and Subtract Integers Step 10
    1
    Pelajari tentang garis bilangan. Jika kamu tidak tahu cara membuat garis bilangan, kembalilah ke bagian Menjumlahkan dan Mengurangkan Bilangan Positif Menggunakan Garis Bilangan untuk mempelajari cara membuatnya.
  2. Gambar berjudul Add and Subtract Integers Step 11
    2
    Pahami tentang bilangan negatif. Bilangan positif ditandai dengan arah ke kanan pada garis bilangan. Bilangan negatif ditandai dengan arah kiri pada garis bilangan. Menjumlahkan bilangan negatif berarti memindahkan titik ke kiri pada garis bilangan.
    • Misalnya, kita jumlahkan 1 dan -4. Bisanya, soal ini dituliskan seperti ini:
      1 + (-4)

      . Pada garis bilangan, kita mulai dari 1, berpindah 4 titik ke kiri dan berhenti di -3.
  3. Gambar berjudul Add and Subtract Integers Step 12
    3
    Gunakan persamaan dasar untuk memahami penjumlahan bilangan negatif. Perhatikan bahwa -3, jawaban kita, adalah bilangan yang akan kita dapatkan jika kita mengerjakan 1 – 4. Menjumlahkan 1 + (-4) dan mengurangkan 4 dari 1 merupakan soal yang sama. Kita bisa menuliskannya sebagai persamaan, kalimat matematika yang menunjukkan kesetaraan:
    1 + (-4) = 1 - 4 = -3
  4. Gambar berjudul Add and Subtract Integers Step 13
    4
    Daripada menjumlahkan bilangan negatif, ubahlah menjadi soal pengurangan dengan menggunakan bilangan positif. Seperti yang bisa kita lihat dari persamaan sederhana di atas, kita bisa melakukan keduanya – mengubah penjumlahan bilangan negatif menjadi pengurangan bilangan positif dan sebaliknya. Kamu mungkin pernah diajari mengubah negatif-positif menjadi negatif tanpa mengetahui alasannya – inilah alasannya.
    • Misalnya, -4. Saat kita menjumlahkan -4 dan 1, kita mengurangi 1 dengan 4. Bisa dituliskan dalam matematika dengan menulis

      1 + (-4) = 1 - 4


      . Kita bisa menuliskan ini pada garis bilangan, mulai dari titik awal kita di 1, kemudian menambahkan 4 titik ke kiri (dengan kata lain, menambahkan -4). Karena ini adalah persamaan, satu hal setara dengan hal lain – sehingga kebalikannya juga benar

      1 - 4 = 1 + (-4)
  5. Gambar berjudul Add and Subtract Integers Step 14
    5
    Pahami cara pengurangan bilangan negatif pada garis bilangan. Pada garis bilangan, mengurangi bilangan negatif sama dengan mengurangi panjang. Ayo kita mulai dengan 5 - 8.
    • Pada garis bilangan, kita mulai titik awal kita di 5, dikurangi 8, dan berhenti di -3.
  6. Gambar berjudul Add and Subtract Integers Step 15

1 komentar:

  1. materinya bagus dan bermanfaat... materinya mudah dipahami dengan adanya banyak gambar...
    saran saya agar menambah wiget tampilan blog anda..
    terima kasih...
    kunjungi juga blog saya dihttp://ocemifta1.blogspot.co.id/

    BalasHapus