Minggu, 04 Desember 2016

penjumlahan sampai 20 dengan bantuan benda kongkrit dan mengingatnya dengan berbagai cara

Proses hasil belajar didapat dari belajar itu sendiri. Belajar adalah suatu proses, artinya dalam belajar akan terjadi proses melihat, membuat, mengamati, menyelesaikan masalah atau persoalan, menyimak dan latihan. Itu sebabnya, dalam proses belajar, guru harus dapat membimbing da memfasilitasi ( mengajarkan, melatih, mendidik, mengarahkan, dan mengevaluasi ) siswanya agar siswa dapat melakukan proses-proses tersebut. Proses belajar harus diupayakan secara efektif agar terjadi adanya perubahan tinkah laku siswa yang disebabkan oleh proses-proses tersebut. (Sri Anitah W, 2009:2.7)
Keberhasilan dalam belajar dipengaruhi oleh dua faktor, antara lain yaitu:
1.    Faktor dari diri siswa sendiri ( intrinsik ) diantaranya adalah kecakapan, minat, bakat, usaha, motivasi, perhatian, kelemahan dan kesehatan serta kebiasaan siswa. Salah satu hal penting dalam kegiatan belajar yang harus ditanamkan dalam diri siswa bahwa belajar yang dilakukannya merupakan kebutuhan dirinya.
2.    Faktor dari luar siswa ( ekstrinsik ) diantaranya adalah lingkungan fisik dan non fisik ( termasuk suasana kelas dalam belajar, seperti riang gembira dan menyenangkan ), lingkungan social budaya, lingkungan keluarga, program sekolah ( termasuk dukungan komite sekolah, guru, pelaksanaan pembelajaran, dan teman skolah ). Guru merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap proses maupun hasil belajar, sebab guru merupakan manajer atau sutradara dalam kelas. ( Sri Anitah W, dkk, 2009:2.7 )
Untuk melihat hasil belajar yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis dan ilmiah pada siswa Sekolah Dasar dapat dikaji proses maupun hasil berdasarkan:
1.    Kemampuan membaca, mengamati dan atau menyimak apa yang dijelaskan atau diinformasikan.
2.    Kemampuan mengidentifikasi atau membuat sejumlah pertanyaan berdasarkan substansi yang dibaca, diamati, dan didengar.
3.    Kemampuan mengorganisasi hasil-hasil identifikasi dan mengkaji dari sudut persamaan dan perbedaan.
4.    Kemampuan melakukan kajian secara menyeluruh.

1 komentar:

  1. materi anda sudah bagus akan tetapi sebaiknya anda membuat contoh nya agar lebih di mengerti terimakasih, kunjungi juga blog saya http://kiaderajat03.blogspot.co.id/

    BalasHapus